Muhasabah diri setelah hilang arah sekian waktu

Akhir akhir ini saya merasa hidup saya berantakan, sholat malam bolong long (gegara males bangun meski alarm hape tidak pernah absen mengingatkan). Entahlah mungkin saya kebanyakan dosa, astagfirullah, makanya tiap malam gak kuat bangun melawan rasa malas.

Sholat dhuha pun ala kadarnya, sesempetnya dan tidak diresapi,  astagfirullah, tidak ada niatan dan dorongan untuk bener bener menyempatkan sholat dhuha barang sejenak.

Baca alquran juga gitu, malasnya ampun ampunan, baca sedikit sudah gak kerasan, pingin udahan, mentok 1 lembar saja sudah merasa berat banget. Dalam sehari (5x sholat waktu) baca alquran nya cuma pas dhuhur, magrib, dan shubuh, dan naasnya sekarang ini malah absen gak pernah baca alquran cuma baca pas mengajar di sekolahan,  astagfirullah.

Sedekah juga gitu, bisa diitung jari. Banyak hal yang terlewat dan tidak jadi sedekah. Setiap mau keluar uang untuk sedekah penuh perhitungan dan bawaannya berat alias nanti nanti dulu saja sedekahnya.

Yang paling parah sholat wajibnya. Kalau dulu bepergian, pasti merasa resah kalau belum sholat dulu ketika tiba waktu sholat, sehingga selalu menyempatkan untuk berhenti dan sholat sejenak. Sekarang sholat gak sholat tidak ada beda rasanya. Astagfirullah. Seolah yang wajib menjadi hal lumrah kalau saya sedang bepergian.

Puasa? Jangan ditanya lagi! Sejak bolong puasa ramadhan sudah beres kuganti, saya tidak pernah puasa senin kamis lagi. Entahlah, sekali lagi entahlah.

Dan yang mengenaskan lagi, akhir akhir ini saya menjadi orang yang banyak bicara. Setiap ada orang lain bicara, saya terpancing untuk ikut komen sana sini. Astagfirullah harusnya saya bisa menahan lisan saya. Banyak unfaedah komentar sana sini karena yang utama bukan komennya tadi actionnya.

===
Astagfirullah
Mau jadi apa saya ini?

Padahal tujuan Allah memberikan kesempatan saya hidup tidak lain ialah untuk beribadah, tapi kok ibadahku malas malasan begini. Tidak ada yang bisa dibanggakan di hidup ini sebagai jaminan di akhirat kelak, kok bisa bisanya hidup seenak udelnya tanpa peduli nominal dan kualitas ibadahnya. Apa memang sudah siap menghadap Allah sekarang? Sudah siap disamperin malaikat izroil?

Astagfirullah, astagfirullah

Bismillah setelah ini beberes, berbenah lagi. Memperbaiki ibadah agar hidup saya bisa kembali terarah.

Iyaa, ini efek kegiatan pilkades beberapa waktu lalu. Menjelang acara hari h dan puncaknya pas hari h, sholatku bolong semua, setelah itu semua ibadahku berantakan. Bukannya menyalahkan keadaan, tapi saya mengakui memang saya yang teledor dan tidak benar benar mengusahakan sholat (ibadah) saya. Astagfirullah, maafkan hamba ya Allah.

Comments

  1. yg penting jangan sampai meninggalkan sholat 5 waktu

    www.rajaunik.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harusnya. dorongan dari dalam kudu kuat biar gak bolong bolong gini

      Delete
  2. Begitupun diriku mbak ..ngenes 😥

    ReplyDelete
  3. merefleksikan diri itu perlu agar ke depannya kita lebih baik

    ReplyDelete
  4. Ibadah itu memang sesuai dengan maqam seseorang. Untuk ukuran awam, bener-bener nabrak larangan mungkin ituah dosa. Bagi maqam yang lain, lalai dari mengingat Allah bisa jadi ukurannya sudah dosa, tidak menjalankan sholat malam untuk orang lain mungkin sekedar sunnah, bisa jadi untuk seseorang itu adalah kewajiban dst. Sesuai dengan maqam kita saja biar tidak ruwet dalam menjalankan agama. Bukan tanpa alasan kita meminta untuk ditunjukan jalan yang lurus bahkan sampai 17 kali dalam sehari. Karena tidak satupun yang membuat orang itu selalu lurus dengan kekuatannya sendiri, setiap saat.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul, makanya kita sangat dianjurkan berdoa untuk meminta keteguhan hati dan iman agar kuat dalam ibadah 😊

      Delete

  5. Aku pernah mengalami hal itu.😢😢

    Tetapi intinya semua diniatkan serta Ikhlas. Secara teory memang sederhana. Karena banyak orang Niat pas ngejalaninya cuma setengah hati. Yaa mending tidak usah.

    Baca Alqur,an malas bawaannya ngantuk dan lelah...Eehh pas buka Facebook nggak terasa tahu2 sudah pagi. Sakin senangnya bermedsos Ria.😂😂😂 Naahlooo.😱😱

    Karena apa pikiran kita masih ber cabang-cabang dengan hal2 yang sangat kita sukai. Jadi terkadang itu semua selalu tumpang tindih.

    Coba kalau kita niat dan ikhlas insyaallah semuanya terlaksana.

    Niat tapi nggak ikhlas percuma juga.

    Ikhlas tapi Niatnya nggak yaa mandek juga.😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu..
      Niat dan ikhlas itu mirip rindunya dilan, alias berat cuyy wkwkk

      Tapi aneh juga ya untuk urusan dunia, medsos, game, gibah, dkk bisa kuat berjam jam, giliran ibadah semenit udah serasa seabad. Astagfirullah

      Delete
  6. Tengkiuuuu say, entah mengapa bagi saya tulisan ini semacam pengingat buat saya. Saya juga kangen masa dulu, saat saya masih lebih mencintai Allah, rasanya kangen terus.

    Nggak sabar menanti waktu sholat, sehingga selalu berusaha sholat sunnah di antaranya, ngobrol dengan Allah melalui doa dan Alquran, saya dulu begitu sering berlama-lama membaca Alquran beserta artinya.

    Lalu ke mana saya yang dulu itu ya? huhuhu

    Padahal saya tahu, dulu hidup saya damai, karena begitu mencintaiNya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkw emang kadang kesibukan dunia membuat kita lupa kalau rohani juga butuh dipenuhi kebutuhannya

      Delete
  7. Saya apalagi mbak. Banyakan numpuk dosa daripada pahala -__-'

    ReplyDelete

Post a Comment