Jawa Tengah itu Kece


-Intermezzo-
Aku adalah orang Jawa Timur yang punya selera Jawa Tengah. Eits jangan salah paham dulu dengan penyataanku ini. Ini bukan berarti aku mulai tak cinta pada tanah kelahiranku sendiri (Jawa Timur). Akan tetapi, karena sedikit banyak aku telah mengeksplor keindahan Jawa Timur, makanya sekarang jiwa eksplorasiku sedikit bergeser ke tetangga sebelah. Ini juga tidak berarti aku menganggap bahwa Jawa Tengah sebagai rumput tetangga yang lebih hijau. Tidak! Sekali lagi tidak. Aku hanya ingin mengetahui lebih banyak, mengenal lebih dalam  dengan tetangga sebelah (provinsi sebelah alias Jawa Tengah) agar aku bisa menyayanginya. Teringat akan kata sebuah pepatah “tak kenal maka tak sayang”. Ahahaha. Meski sebenarnya tanpa harus mengenal provinsi sebelah (Jawa Tengah) lebih dalam pun, sejak dulu aku sudah sayang, karena (usul punya usul) ada seseorang yang cukup spesial di hati yang tinggal di Jawa Tengah. Wkwkwk.
                                                            ##

Naners (baca: sebutan untuk fansclub blog duniaarlina.blogspot.com)….
Aku punya sesuatu untuk kalian yang sedang dirundung galau atau stress.
Taraa.. ini dia list tempat wisata yang patut kamu kunjungi kalau kamu lagi travelling di Jawa Tengah.

emang, Jawa Tengah punya apa??
Tuh kan nyinyir. Jawa Tengah itu punya banyak, buanyak, dan buanyakkk banget tempat wisata yang bagus, keren, kece dan tentunya bisa ngusir rasa galau atau stresmu itu jauh-jauh.

Pertama, Air terjunnya
Air terjun di Jawa Tengah itu ada buanyak banget, air terjun curug tujuh bidadari di kabupaten Semarang, air terjun grojogan sewu di hutan Tawangmangu, air terjun curug sewu di Kendal, air terjun silangit di kabupaten Purworejo dan masih banyak lagi.
Tapi kalau Naners hanya punya waktu sedikit, saya saranin untuk menyempatkan berkunjung ke air terjun curug tujuh bidadari karena selain pemandangannya yang tentunya bagus, air terjun ini punya mitos bahwa sejumlah bidadari pernah mampir untuk mandi di air terjun tersebut (jalanjalanyuk.com). Keren, kan!
Air Terjun Curug Tujuh Bidadari (Sumber: jalanjalanyuk.com)

Kedua, gunung
Nah ini buat para Naners yang ngaku sebagai pendaki gunung sejati. Rasa-rasanya patut untuk mencoba menakhlukan gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah. Ada gunung slamet yang tingginya mencapai 3.428 mdpl, gunung sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl, gunung lawu dengan ketinggian 3.265 mdpl, gunung sindoro dengan ketinggian 3.150 mdpl, gunung merbabu dengan tinggi  3.145 mdpl, gunung merapi dengan ketinggian 2.930 mdpl, dan gunung prau yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl (pecintaalam.org)
#Maaf, kalau dalam hal ini aku tidak berani memberikan rekomendasi apa-apa karena seumur-umur belum pernah mendaki gunung satupun. Hehe..

Ketiga, pantai
Salah Satu Pantai di Jawa Tengah (Sumber: Hipwee.com)
Kalau wisata yang ini, khusus buat Naners yang ingin senang-senang bersama teman ataupun pasangannya, yakni pergi ke pantai. Karena disini kalian bisa bermain dengan ombak maupun pasir pantainya yang khas. Dan berkenaan dengan ini, Jawa Tengah juga punya pantai-pantai yang kece. Ada pantai Menganti, pantai Pecaron, dan pantai Bopong yang terletak di Kebumen, pantai Karang Pandan di Nusa Kambangan, pantai Widarapayung di Cilacap, dan juga pantai Pailus, pantai Panjang, dan pantai Bandengan di Jepara (hipwee.com). Saranku, semuanya silakan dikunjungi deh karena semuanya bagus-bagus.

Keempat, museum
Naners, pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan museum lawang sewu? Yups, itu tuh museum paling ngehits karena keangkerannya, hehe. Aku saranin kalau kalian jalan-jalan ke Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke museum tersebut (sekalian uji nyali, hihi)
Museum Lawang Sewu Tampak Depan dan Bagian Dalam (Sumber: id.wikipedia.org)


Kelima, candi
Candi di Jawa Tengah (Sumber: sharingdisini.com)
Kalau tadi berbicara tentang museum, sekarang bagian candinya. Tahu sendiri kan? kalau Jawa Tengah itu gudangnya candi. Karena setidaknya ada 12 candi di Jawa Tengah, seperti candi prambanan, candi Borobudur, candi bubrah, candi kalasan, candi mendut, dan sebagainya.

Keenam, kuliner
Hemm, kalau berbicara tentang topik yang satu  ini, pasti bawaannya lapar, terus kepingin makan deh. Dan asyiknya Jawa Tengah punya banyak kuliner yang khas Jawa Tengah diantaranya lumpia semarang, tahu petis, telur asin khas Brebes, rondo royal khas Jepara, brekecek khas Cilacap, dan masih banyak lagi yang lainnya (masfikr.com). Semuanya wajib kamu cicipi yaa! kalau kamu main ke Jawa Tengah.

Ketujuh, batik
Setidaknya Jawa Tengah punya tiga daerah penghasil batik, yakni batik Semarang, Solo, dan tentunya Pekalongan. Masing-masing punya ciri khasnya sendiri loh, hayoo bisa beda-in gak batik dari ketiga daerah ini??
Ragam Batik Khas Jawa Tengah (Sumber: agungputranepakmulyadi.blogspot.co.id)

Kedelapan, ukiran Jepara
Travelling selalu identik dengan oleh-olehnya. Oleh-oleh berupa baju ataupun makanan mungkin sudah terlalu umum, tapi kalau oleh-oleh berupa ukiran pastinya akan memberikan kesan yang berbeda. Karena selain bisa digunakan untuk kenangan, juga bisa digunakan untuk hiasan mempercantik rumah Naners. Asyik, kan! 
Ukiran dari Jepara, Jawa Tengah (Sumber: jeparaapik.com)

Kesembilan, masjid Menara Kudus 
Wisata yang ini untuk Naners yang beragama islam. Di masjid Menara Kudus ini, selain bisa beribadah, kalian juga bisa menikmati indahnya nuansa arsitektur masjid yang merupakan perpaduan konsep budaya islam dengan budaya Hindu-Budha. 
Masjid Menara Kudus di Demak, Jawa Tengah (Sumber: id.wikipedia.org)

Kesepuluh, naik busway Trans Semarang
Busway Trans Semarang (Sumber: semarangkota.com)
Kalau yang satu ini wisata menurut versi aku pribadi. Aku kepingin banget bisa naik busway Trans Semarang, karena pasti akan asyik banget bisa keliling kota Semarang dengan menggunakan angkutan kece dan bayarnya murah, yakni hanya Rp 3.500,00 untuk umum (semarangkota.com).

Gimana?? Naners pasti tertarik untuk berwisata ke Jawa Tengah, kan??
Buruan deh! Segera cek dompet atau ATM kalian dan pastikan ada uang didalamnya, selanjutnya cek kalender untuk menentukan waktu travellingnya, dan terakhir segera capcus travelling ke Jawa Tengah untuk menikmati pesona keindahan Jawa Tengah.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah (www.twitter.com/visitjawatengah)

Comments

  1. Kangeeeennnn deh, udah lama gak pernah explore Jawa lagi.
    Setelah anak masuk SD, udah sulit rasanya bisa keluyuran kayak dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkw sabar mbk, jatahnya nanti setelah anak anaknya udah gedhe dan mandiri bisa tuh ditinggal travelling hehe

      Delete

Post a Comment

Mau baca yang ini gak?