mengenai batukmu,,,



Batuk bukanlah suatu penyakit tapi merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernafasan. Namun adakalanya batuk merupakan gejala dari suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di bagian tenggorokan karena adanya lendir, debu, asap dan sebagainya.
Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat saraf ke pusat batuk yang berada diotak. Dari sini akan muncul sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tsb, hingga terjadilah batuk.
Beberapa macam hal yang menjadi pemicu batuk, diantaranya :
  • Infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala dari penyakit flu.
  • Alergi
  • Asma atau tuberculosis
  • Benda asing yang masuk kedalam saluran nafas
  • Tersedak akibat minum
  • Menghirup asap rokok (Wikipedia)
Nah selanjutnya akan kita bahas beberapa hal juga yang bisa membantu meredakan batuk:
Madu
sesendok madu dapat dipercaya mampu meredakan batuk di malam hari. Hal itu dikarenakan madu mengandung bahan efektif seperti sirup obat batuk namun lebih menyehatkan dan bernutrisi.
Air putih
mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya dapat mencairkan lender yang terdapat pada tenggorokan yang merupakan pemicu batuk.
Uap
dengan  mandi air hangat, mampu membantu meredakan batuk. Sebab air hangat yang menimbulkan uap mampu melembapkan kondisi tenggorokan yang kering akibat batuk.
Jangan Rokok
berhentilah merokok ketika anda sedang batuk.
Makan sehat
makan makanan yang bergizi dan higienis dapat memperkuat sistem imun tubuh, sehingga berbagai macam penyakait bisa dikalahkan oleh sistem imun kita.(merdeka.com)

Comments

Mau baca yang ini gak?