Danareksa: Investasi Sekarang, Bahagia di Masa Bepan


Jujur, kata Danareksa sangat tak asing ditelingaku. Entah dimana dan kapan aku pernah menjumpai kata tersebut, namun kata tersebut samar samar telah terpatri di otakku. Ataukah mungkin karena namanya yang mirip dalam istilah pewayangan? Entahlah..

Dan dari hasil browsing aku menjadi familiar dengan danareksa. Ternyata, Danareksa merupakan sebuah perusahaan investasi.  Well, Sebenarnya saya juga tak paham seluk beluk investasi itu apa? Sepengetahuanku dari nonton drama-drama korea, investasi itu identik dengan saham. Jika perusahaan untung maka kita juga untung, tapi jika perusahaan rugi maka kita juga ikut menanggung ruginya. Bener kayak gitu kah?

Aihh… daripada menebak-nebak dan penuh tanda tanya, yuk kita kupas bareng!
(Btw, ini hasil pemahamanku dari hasil browsing)

Investasi itu sendiri merupakan penanaman modal yang diharapkan dikemudian hari bisa memperoleh untung

Guys, menurut kalian investasi itu perlu apa tidak sih?

Ehmm.. dikatakan perlu, juga perlu sih. Sebenarnya invesatasi ini lebih mirip dengan nabung. Hanya saja kalau nabung uang kita utuh terendapkan, akan tetapi kalau investasi uang kita nambah karena uang investasi ini akan dikelola oleh perusahaan  untuk digunakan usaha. Nah dari sini jika perusahaan untung maka secara otomatis kita kebagian untungnya

Nah berkaitan dengan investasi, ada info menarik ini guys, bahwasanya di reksadana ada program khusus yang memberikan kemudahan lebih bagi para investornya. Namanya adalah Program Investasiku Masa Depanku. Program investasi ini bersifat bulanan dan dimulai  dari Rp.200.000/bulan di Reksa Dana saham dan campuran, yang dalam hal ini dikelola oleh Danareksa Investment Management (DIM), mudah sekali bukan? Bentuk investasi berkala ini berupa Transfer Berkala melalui Rekening Bank kalian langsung ke Reksa Dana yang telah kalian pilih.

Dengan Program Investasiku Masa Depanku ini kalian dapat terbantu untuk  mewujudkan kebutuhan-kebutuhan masa depan kalian. Untuk yang sudah berkeluarga investasinya bisa digunakan untuk jaga-jaga Dana Pensiun, untuk yang baru berkeluarga invesatasinya bisa digunakan untuk Dana Pendidikan anak-anaknya atau bisa juga untuk Dana Ibadah. Disisi lain, buat yang masih single, investasinya bisa juga digunakan untuk biaya pernikahan, hehe. Intinya guys, investasi itu perlu, pakai banget malah.

Bagaimana? Kalian tertarik kah, Guys untuk ikutan investasi reksadana?

Kalau iya, berikut ini cara untuk mengikuti program IMD, Guys!
* Pertama-tama lakukan pembukaan rekening khusus IMD.
* Setelah itu, kalian akan menerima username dan password untuk masuk ke Reksa Dana Online. Nah disitu, lakukan transaksi IMD > Pembelian dan pilih Reksa Dana dan Jangka Waktu sesuai kebutuhan kalian. Kemudian setelah selesai, kalian akan menerima konfirmasi keikutsertaan program IMD.
* Lakukan proses transfer berkala dari rekening bank kalian ke rekening Reksa Dana yang tercantum di konfirmasi keikutsertaan program IMD. Untuk beberapa bank program transfer berkala dapat dilakukan melalui internet banking. Ada baiknya kalian pastikan dulu hal ini dengan bank, tempat kalian membuka rekening.
* The last, kirimkan dokumen bukti transfer berkala (standing instructions) ke reksadanaonline@danareksa.com atau melalui fax ke (021) 3501713.

Disisi lain ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, Guys!
*  Kalian (para nasabah) akan dikenakan biaya pembelian sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
* Kalian dapat melakukan penambahan investasi bulanan sekali setahun, misalnya dari 200 ribu/bulan ke 300 ribu/bulan. 
* Transfer/pendebetan bisa kalian lakukan pada setiap tanggal 8, 18, 28, dan setiap tanggal 3 untuk program IMD-AutoCollection BCA.

Eits, Reksa Dana ini juga dilengkapi dengan beberapa jenis pilihan sesuai dengan jangka waktu investasi yang kalian inginkan lho! Berikut ini varian pilihannya..
Reksa Dana Campuran
– jangka waktu investasi minimal 3 tahun –
  • Danareksa Syariah Berimbang
  • Danareksa Anggrek Fleksibel

Reksa Dana Saham
– jangka waktu investasi minimal 5 tahun –
  • Danareksa Mawar
  • Danareksa Mawar Fokus 10
  • Danareksa Mawar Konsumer 10
  • Danareksa Mawar Komoditas 10
  • Danareksa Indeks Syariah
  • Danareksa Syariah Saham
  • Danareksa Mawar Rotasi Sektor Strategis

Oiya Guys, Setiap investor diberi kebebasan untuk memilih lebih dari 1 Reksa Dana sesuai kebutuhannya masing-masing, asyik banget kan!

Nah, Guys..
Jika jangka waktu program investasi kalian berakhir, maka kalian dapat memilih untuk mencairkan reksa dana kalian atau memilih untuk tetap meneruskan investasinya. Note: tapi untuk program IMD, kalian tidak dapat mencairkan Reksa Dana Anda sebelum 2 tahun masa keikutsertaan program kalian loh Guys!
Tak jadi masalah kan, Guys! Ingat loh prinsip menabung, kalau semakin lama menabungnya maka hasil yang diperoleh juga akan semakin banyak, jadi jangan tergopoh-gopoh untuk diambil, oke!

Kalau aku sendiri, sebenarnya udah kepingin banget bisa gabungan ini guys, tapi sayang aku belum berpenghasilan. Dalam benakku jika nanti aku sudah berpenghasilan maka ikutan join. Tak perlu muluk-muluk, aku hanya ingin mengambil yang jangka jangka waktunya 3 tahun agar tidak kelamaan,, hehe

”Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blogger Writing Competition -  Investasiku Masa Depanku bersama ReksaDana Danareksa. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management”

Comments

Mau baca yang ini gak?