taukah kamu ,apa itu DESTILASI?



 Destilasi  adalah cara pemisahan zat cair dari campurannya berdasarkan perbedaan  titik didihnya. Prinsip dari destilasi adalah penguapan dan pengembunan kembali uapnya pada tekanan dan suhu tertentu.
Prosesnya yaitu zat cair (A dan B) dipanaskan hingga mencapai titik didihnya, Saat zat cair dipanaskan, cairan yang titik didihnya lebih rendah akan menguap terlebih dahulu.  Uap akan kaya dengan senyawa yang lebih volatile atau komponen dengan titik didih lebih rendah. Jika uap di atas cairan terkumpul dan dinginkan, uap akan terembunkan dan komposisinya sama dengan komposisi senyawa yang terdapat pada uap yaitu dengan senyawa yang mempunyai titik didih lebih rendah.
selanjutnya zat cair tersebut akan menguap. Uapnya akan terdiri dari komponen uap A dan uap B. berdasarkan hokum Raoult
PA = XA.PºA  dan PB = XB.PºB
P = PA + PB
Ket: P :tekanan uap total
        PA :tekanan uap parsial komponen A
        P
B  :tekanan uap parsial komponen B
        XA :fraksi mol A
        XB :fraksi mol B
        A :tekanan uap murni komponen A
       B  :tekanan uap murni komponen B
Uap selanjutnya dialirkan ke dalam alat pendingin (kondensor) dan di embunkan menjadi cairan lagi. Kondensor yang digunakan biasanya air yang mengalir. Air pada kondensor dialirkan dari bawah ke atas, hal ini bertujuan supaya air tersebut dapat mengisi seluruh bagian pada kondensor sehingga akan dihasilkan proses pendinginan yang sempurna.
Tujuan dari destilasi adalah pemurnian zat cair pada titik didihnya dan memisahkan cairan dari zat padat. Dalam destilasi akan terjadi pengayaan komponen.
Destilasi dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
1.    Destilasi biasa atau sederhana.
digunakan untuk memisahakan komponen campuran yag tidak banyak. Karena , jika campuran terdiri atas banyak komponen maka hasil destilasi( destilat) yang diperoleh akan masih berupa campuran juga. Dan biasanya hanya digunakan untuk pemurnian sampel bukan untuk pemisahan sampel.
2. Destilasi vakum
dilakukan dengan menurunkan tekanan sehingga titik didih campuran akan turun juga. Hal ini dilakukan bila senyawa target yang berada pada campuran mudah terdekomposisi pada titik didihnya atau titik didih dari senyawa target sangat tinggi.
3. Destilasi bertingkat atau destilasi fraksional
 yaitu proses yang komponen-komponennya secara bertingkat diuapkan dan diembunkan. Ini berbeda dari distilasi biasa, karena terdapat kolom fraksionasi atau refluks. Fungsi kolom fraksionasi yaitu menjaga agar kontak antara cairan dengan uap sedikit lebih lama. Destilasi ini biasanya digunakan untuk memisahkan campuran zat cair yang mempunyai perbedaan titik didih  tidak berbeda banyak. Distilasi jenis ini dapat digunakan untuk memisahkan campuran yang mengandung banyak komponen. Contoh dari penggunaan destialsi bertingkat ini adalah untukmemisahkan komponen minyak bumi ke dalam fraksi-fraksinya.
4. Destilasi azeotrop
digunakan untuk memisahkan campuran azeotropik dimana komponen campuran yang dipanaskan bersama-sama membentuk titik azeotropik karenaa sifat kimia dari komponen yang ada dalam campuran berbeda. Biasanya digunakan entrainer (senyawa yang mampu mengubah volatilitas relative dari komponen-komponen yang ada dalam campuran) sehingga mudah dipisahkan. Contohnya campuran air dan etanol. Campuran ini bersifat azeotrof karena kedua larutan tersebut mempunyai titik didih yang hampir sama sehingga akan sulit untuk dipisahkan antara zat yang satu dengan zat yang lainnya. Entrainer yang digunakan biasanya benzena
Description: destilasi, bagan destilasi, gambar destilasi
Rangkaian destilasi sederhana
Suatu campuran yang berupa cairan (15) dimasukkan ke dalam labu (2) yang dipanaskan melalui penangas (14) dengan heater (13). Suhu pemanasan dapat diatur dengan mengamati termometer (4). Pada saat dipanaskan, sedikit demi sedikit campuran akan menguap. Uap kemudian naik melalui pipa (3) den mengalir menuju pendingin / kondenser (5). Pendinginan uap adalah dengan cara mengalirkan air melalui dinding pendingin. Setelah melalui pendingin, uap akan mengembun membentuk cairan kembali dan melaju ke adaptor (10) dan menetes ke labu destilat (8).

Perbedaan destilasi dengan penguapan adalah :
Destilasi : pemisahan dalam campuran (dua komponen atau lebih) yang mudah menguap
Penguapan : pemisahan dengan cara penguapan komponen volatile dengan yang non volatile akibat pemanasan

Comments

Mau baca yang ini gak?