Hidup sehat itu pilihan



Wednesday, 08 April 2015

Mungkin kebanyakan dari kita udah sering banget yang menemukan, membaca atau mungkin mendengar pepatah yang mengatakan sehat itu mahal. Pepatah ini sebenarnya niatnya baik karena telah mengingatkan betapa pentingnya dan berharganya nikmat sehat. Namun manusia pada umumnya, kayak saya, meski udah berjuta-juta kali nemuin, baca n denger pepatah tersebut, tapi tak pernah menggubrisnya kecuali respon apaan sih itu.. alay beuttt


Ehh pada sampai pada suatu hari, tubuhku terkulai sakit tak berdaya, meski gak parah-parah banget Cuma tepar doang gara-gara kecapekkan. Tapi huh rasanya nyiksa banget, seharian  hanya bisa berbaring di tempat tidur. Dari situ, aku sadar dan mulai bangkit agar tak menderita kayak gini.


Langkah hidup saya selanjutnya ialah mulai menggiatkan diri untuk menjalankan tips hidup sehat versi diriku. Pertama-tama, saya mulai memperbanyak konsumsi air putih. Dulunya, aku jarang banget minum, paling minumku hanya ketika selesai makan, itupun kulakukan hanya gara-gara takut kesedak klo gak minum,, hehee. Dan sekarang lebih rutin minum, dikit-dikit minum, meski gak haus. Ini berdasarkan anjuran dari dosenku biokimia yang mengatakan bahwa kebutuhan air di dalam tubuh sangat krusial karena air dibutuhkan untuk berbagai reaksi kimia di dalam tubuh. Oleh karenya, mau nggak mau kita harus banyak minum agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar dan akhirnya tubuh kita menjadi sehat.


Revolusi sehatku yang kedua, mulai merutinkan diri untuk senam pagi, berusaha setidaknya seminggu sekali senam, relaksasi tubuh.  Nah untuk bagian yang ini, biasanya aku ikutan senam di CFD pada hari minggu. Keberuntungan banget karena jarak lokasi CFD lumayan dekat dengan kosku. Adapun kalau hari-hari biasa, biasanya kalau lagi tidak males, senam ringan sendiri di kos. Inilah keistimewaan kosku karena  ukurannya lumayan luas jadi bisa kumanfaatkan untuk space senam hhehhe. Kreatif banget kan???/


Resep yang ketiga memperbanyak minum jus, hemm meski resep yang satu ini termasuk dalam kategori sehat yang paling mahal, gimana tidak?? Karena kalau aku udah minum segelas jus pasti bakal ketagihan, pingen nambah lagi, lagi dan lagi. Dan selanjutnya tinggal dikalikan sendiri berapa uang yang harus kukeluarkan demi memperturutkan keinginanku untuk minum jus demi kesehatanku, wkkakakkakkkk.


Tips selanjutnya, Kalau tubuhku udah ngerasa payah pake banget, maka cepet-cepet langsung minum suplemen vitamn c, Dan Alhamdulillah penyakitnya langsung kabur. Cara ini, cukup efektif, karena udah kubuktikan berulang kali dan hasilnya manjur beutt.


Next step. Dengan berpuasa. Yang ini pas banget dengan yang diajarkan di agamaku (islam). Puasa sunah seperti puasa senin kamis sangat dianjurkan. Banyak banget manfaat yang diperoleh dari ngejalanin hidup sehat dengan berpuasa ini.  Pertama, bisa menghemat uang, maklum, ini menjadi prinsip hidup yang paling utama yang musti dipegang teguh oleh anak kos kayak aku hehehe. Kedua, dengan berpuasa juga bisa membersihkan lambung, kayak semacam mekanisme recovery untuk lambung karena adakalanya lambung harus dalam keadaan kosong supaya bisa memperbaiki bagian yang rusak dan sebagainya sehingga super menyehatkan. Ketiga, tentunya juga dapat pahala kalu dijalaninnya dengan ikhlas. Tips yang ini paling sering gue lakuin manakala aku lagi punya jadwal yang super sibuk banget, karena kebiasaan burukku kalau sudah sibuk, aku bakalan sering lupa makan dan bisa-boisa terkena ancaman maag. Oleh karenanya aku mensiasatinya dengan berpuasa, dengan dasar niat puasa jadi nggak bakal ngerasa berat ataupun laper. Lambung sehat. Dapat pahala lagi.  Asyik banget kan caranya islam membimbing??


Sampai detik ini sih baru itu. Oiyya ketinggalan satu hal. Kunci sehat yang idak kalah penting ialah dengan membuat hati senang. Istilah lainnya enjoy your life. Jika kita senang maka system imun menjadi kuat sehingga mampu mengalahkan berbagai penyakit yang hendak menyerang tubuh. Salah satu cara agar hati senang ialah dengan berbaik sangka pada orang lain, jangan mudah menilai negative orang lain karena itu bisa memicu penyakit hati yang bisa berdampak pada hati yang tidak tentram alias sakit dan melemahnya system imun tubuh. Bahaya banget kan??

Bahagiakan hatimu maka tubuhmu akan menjadi sehat.


diikutkan dalam lomba sharing inspiration http://blog.nutrifood.co.id/

Comments

Mau baca yang ini gak?