Bisnis Ngelesi: cerita suka duka


Yah mungkin inilah namanya mbk yang gak dewasa. Hihi. Sudah tahu anak kecil, malah dingambekin. Hehe. Sebenarnya malu sih posting kayak gini. Tapi yah gimana lagi? Kalau aku dongkol, paling gak bisa disuruh mendem dalam hati. Kalau cerita ke orang, pasti komennya gak enak-enak. Tapi, kalau ceritanya ke naners kan enak, gak bakal bocor, hihi. Naners, emang the best pokoknya mah.
Ceritanya, ini ngambek sama adek adek les. Awalnya, adek adek les di malam hari, terus mereka minta pindah les di siang hari. Oke! Aku turuti. Liburnya (yang awalnya) hari sabtu, minta tambahan, menjadi hari jumat dan sabtu. Oke! Aku turuti juga.
Lah kok ini, janjinya les dimulai jam 14.30. Nah ini jam 14.30 sampe lebih lebih belum juga datang. Gimana aku gak mencak-mencak. Secara, orang tuanya udah pasrah ke gue.
**
Oiya, btw les privat di tempatku itu eksklusif banget. Persayaratan utama sebelum les ialah orang tua harus datang ke rumahku untuk memasrahkan anaknya ke aku. Jika tidak bisa menuruti persyaratan tersebut, maka tidak kuterima.
Adapun kalau masalah gaji, sepenuhnya kuserahkan pada kemampuan si orang tua adek les. Pokoknya yang terpenting adalah ada sasrahan yang jelas dari orang tua si adek les.
Kenapa kubuat seperti itu?
Sebenarnya ini usulan dari orang tuaku. Jika asal ngelesi tanpa ada pasrahan,maka ada kemungkinan (yang namanya) mood anak bakal naik turun. Nah kalau sudah begini, namaku alias reputasiku yang jadi taruhannya. Karena, jika si anak tetep tidak bertambah pandai setelah les di tempatku, maka aku akan kena cap buruk. Padahal kesalahan tidak semata ada padaku. Selain itu, tidak adanya kontrol dari orang tua, (anak les silakan, anak gak les silakan), rasa-rasanya kog seperti relawan kurang kerjaan.
Kalau ada pasrahan (sasrahan) dari orang tua kan enak! Jadi kita sama-sama mengerti, tahu, dan paham. Orang tua pasrahnya jelas, aku ngajar les adek-adeknya dengan sungguh-sungguh, maka perkembangan anak terukur.
**
“Pokoknya kalau kalian datang tidak tepat waktu, aku gak mau ngajari kalian. Bakal kutinggal main atau kutinggal tidur”.
Salah satu adek ngebantah “yah kutunggui sampe sampeyan mau ngajar”.
Aku makin ngambek dan dongkol “Yah bodoh amat,aku tetep gak mau ngajar kog, kalau kamu rempong gitu, kita balik lagi belajarnya malam lagi, gak usah pakai acara pindah jam les jadi siang”.
Si adek makin protes, “kalau gitu kita yang gak mau les”.
Weleh-weleh, kecil-kecil udah berani mengancam saya,  maka saya tak kalah ketusnya “Yah bodoh amat. Tinggal kulaporin ke ibuk kalian, yang pasrah kesini juga ibuk kalian, kalau kalian gak nurut dan gak mau diatur yah kulaporin aja ke ibuk kalian, tinggal bilang aja apa adanya”.
“Silakan lapor. Mbk”
Waduh, adek ini makin berani nantang aku,” oke! siapa takut, gua tinggal berangkat”.
Dan tiba-tiba Si adek berubah jadi diam seribu bahasa. Aku yakin dia takut kali ini.
Setelah itu perlahan adek-adek mulai buka bukunya. Dan kucatat soal-soal untuk dikerjakan. Ehh malah kumat lagi ngeyel nya. Sekarang mau minta mengerjakan soalnya pakai acara mencontek buku panduan. Yah gue mencak- mencak lagi lah, kubilang
“Kau belajar kesini niat pingin bisa gak? Kalau pingin bisa sini bukunya kusimpan, kerjakan sendiri, jangan bergantung pada buku panduan”.
Si adek gak mau dan kekeuh gak mau. Bilangnya “alah mbk disini kan gak ada kunci jawabannya”.
“Bodoh amat, pokonya gak boleh buka buku, sini in bukunya” perintahku makin ketus.
Si adek tak kalah ketus dengan aku. Dia tetep kekeuh dengan bukunya. Maka, akhirnya ku keluarkan kata pamungkasku.
“Ya sudah, silakan saja mengerjakan soal sambil liat bukunya. Gak bakal kukoreksi. Aku gak mau ngecek. Jadi percuma kamu kerjakan soal itu, karena kamu gak bakal tahu jawabanmu itu benar atau salah”.
Akhirnya si adek luluh dan mau mengumpulkan bukunya ke aku.
Sudah selesai disitu. Si adek diam. Dia kayak udah mau nangis darah. Sementara aku bersikap cuek bebek tingkat dewa. Maksa ngejelasin dan nyuruh ngerjakan tanpa peduli ekspresi adeknya.
Alhamdulillah-nya dia gak jadi nangis.  Coba kalau nangis bisa brabe aku. Bisa bisa aku dilabrak ibuknya. hihi
Iya mungkin aku terkesan jahat dan galak sama adek. Tapi yah mau gimana lagi, aku paling gak sabaran dan gak tahan disuruh berlama lama bersikap sok manis. Batas kesabaraku ciut. Jadi sekali kau bikin aku badmood maka siap siap saja emosiku bakal meludak ludak, gak peduli kamu bayi, kecil atau dewasa. Intinya jangan membangunkan singa tidur. wkwkkw

Comments

Mau baca yang ini gak?