Sing apik yo!! Ojo jahat



Sumber: rengkodriders.wordpress.com

Naners,

Jika kalian punya uang lebih dan ada teman kalian yang sedang kesulitan dalam masalah finansial, aku mohon pada kalian: Jadilah orang yang dermawan, bantulah teman kalian tersebut. Dan jika kalian tidak bisa atau tidak berkenan untuk membantu, maka cukup katakanlah dengan perkataan yang halus dan sopan, atau kalau nggak gitu diam. Yang jelas, jangan sampai kalian menyakiti ataupun menyinggung perasaan teman kalian tadi. Sumpah! itu bisa menyakiti hati teman kalian, wahai naners.

Tahukah kalian naners? Jikalau kalian terlanjur menyakiti atau menyinggung perasaan teman, meski kalian telah meminta maaf hingga berjuta-juta kali, maka itu tak akan pernah cukup untuk bisa mengobati hati yang sudah terlanjur sakit. Iya, mungkin temanmu tadi bisa mengatakan: “iya, gak papa”. Namun perlu kalian tahu, naners,  di hati yang terdalam, luka bekas sakit hati akan tetap membekas dan akan sulit kembali lagi seperti sedia kala. Boleh jadi si temanmu tadi akan mengenangmu sebagai teman yang tak baik. 

Lebih buruk lagi, karena kita tak pernah tahu jalan hidup kita kedepan nanti, siapa tahu temen yang kita sakiti tadi, suatu saat nanti bisa menjadi jembatan rezeki kita. Oleh karenanya, hati-hati ya, naners, dalam berucap. Jaga dan sayangi teman kalian. Sebagaimanapun teman kita, ingat! kita tak pernah tahu darimana dan kepada siapa Allah menitipkan rezekiNya untuk kita.

Tak perlu kuceritakan detail kejadiannya, mengapa aku sampai menulis tulisan ini, karena itu bukan menjadi poin pentingnya. Yang perlu digaris bawahi ialah, Selalu dan Selalu berbuat baiklah pada orang lain, terutama pada temen sendiri. Jaga lisanmu dan pikir baik-baik sebelum berucap. Karena mulutmu harimaumu.  

Ingatlah pepatah lama:
Minta maaf mungkin bisa menjadi solusi untuk memulihkan keadaan, akan tetapi, terkadang, disisi lain, minta maaf itu hanyalah upaya salah satu pihak untuk melegakan hatinya sendiri agar ia tak merasa bersalah lagi. Dan ia tak pernah tau dan tak akan pernah tau seberapa sakit yang diderita oleh temannya tadi.

Comments

Mau baca yang ini gak?