Diam biar gak kayak tong kosong nyaring bunyinya

Ehhh saya mau curhat panjaaanggg banget ini,

Ginih,
Selama ini mungkin saya terkenal sebagai anak pendiam (eakkk wakakakakakak), iya karena memang aslinya pendiam (ngeles tingkat akut).

Pas jaman kuliah, saya sukaaaa sekali bagian ngomong, presentasi, diskusi, dan bantah bantahan.  Saya sukak banget.

Ehh tapi pas giliran mau lulus saya dapat nasehat, ehh bukan nasehat ding, wejangan lebih tepatnya, dari ibu dosbing tercintah.  Yang intinya 'Kalau jadi anak baru itu banyakin diam jangan kebanyakan ngomong, karena makin banyak ngomong, makin sering nyerocos, itu hanya bikin orang lain makin ilfeel'.

Dan benar saja setelah kupraktekan. Menjadi pendengar itu lebih asyik dan lebih seru ketimbang yang bercerita. Ada banyak kisah dan cerita yang bisa saya dengar dan kuambil sisi pelajaran hidupnya.

Ketika saya berteman dengan A. Si A cerita panjang lebar bercerita banyak terkait masalahnya, tanpa terkecuali ketika dia punya masalah dengan B. Pun sama ketika saya berteman dengan si B, ia bercerita banyak tentang ketidaknyamanannya ketika berteman dengan si A.

Sementara sikap saya?
Yaa saya hanya diam. Paling kalau lagi mood jawab "Iya, terus" Cuma gitu doang. Tapi anehnya mereka (para temanku) malah semakin ekspresif bercerita lagi.

Resiko jadi anak pendiam mah gitu, dijadikan tempat curhatan gratis.

Pernah sih suatu kali, iya gitu sudah menjadi kebiasaanku untuk diam menyimak tanpa komentar (sedikit komentar ding dengan berkata ya terus) terus temanku ada yang nyeletuk
"Kamu dari tadi cuma ya ya doang, terus terus doang. Ayoo dong gantian kamu yang cerita!"

Wkwkwkwkk kalau sudah begitu bukannya saya langsung lanjut cerita malahan saya ketawa ngakak. Ngetawain dia, bhahahaha. Mungkin dia baru sadar kalau sedari tadi dia cuma kukerjain, kupancing pancing biar cerita panjang lebar.

Tapi iya loh, saya paling gak bisa kalau disuruh cerita dadakan, langsung ngadat saja,  mau cerita apaan. Kayak semacam garink. Gak ada yang perlu diceritakan.

Saya nyimak ya nyimak doang. Saya nggak berani langsung ngejudge memberikan komentar orang sebelum saya mendengar langsung cerita dari pihak yang disinggung. Pamali bagi saya.

Karena di era sekarang itu, fiuhhh berita benar dan salah itu sudah 11 12. Kembar siam banget gaes sampe gak bisa dibedakan lagi.

Makanya kudu pinter filter filter berita. Ini orang ngomongnya benar apa tidak? Jangan mudah kepancing dengan gosip hoax.

Okey!

Comments

  1. Memang ya, hampir semua orang yang gemar menulis itu, dalam dunia nyata cenderung lebih suka diam, seperti seorang introvert.
    Sayapun demikian, lebih suka mendengarkan, meski karena itu banyak orang yang jadi nggak tahu diri, kalau mereka punya masalah sukanya curhat berjam-jam, giliran saya yang pengen curhat mereka kabur hiks hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk sini sini mbk saya temenin.
      Kita senasib kok, bhahahahha

      Delete
    2. Hhahahaha, syukurlah ada temennya :D
      Tapi nggak papa ya, sering dicurhtain bikin kita jadi punya banyak referensi, dan secara nggak langsung juga kayak solusi buat masalah kita sendiri :)

      Delete
    3. Iya mbk, gpp buanget, lumayan dapat pengalaman dan ilmu gratisan Wkwkwk

      Delete
    4. BEtul banget, ilmu gratisan dengan belajar di pengalaman orang, kita nggak perlu ngalamin dulu, tapi udah bisa buat pelajaran dari pengalaman orang lain :)

      Delete
  2. Jadi sebenernya mba itu pada dasarnya anaknya pendiem atau suka cerita sih ? Hihihihi. Kalau jadi anak pendiem kita jadi lebih bisa mengamati orang dan belajar dari apa yang kita amati ya. Baik itu karakter orang, lingkungan sekitar kita dan jadi ada bnyak hal yang kita pelajari dalam diam itu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk pendiam didunia nyata, tapi tukang rame didunia maya.

      Bener banget mbk, diam sembari belajar

      Delete
    2. wkwkwkwkw ini mah saya banget, etapi kalau ketemu temen saya juga bisa rame sih, kayak menyesuaikan gitu :D

      Delete
  3. Kalau aku ya, aku bingung, aku bisa jadi pendiem sekali dan bisa jadi ramai sekali, tergantung lingkungan dan orang-orang di sekitarku juga sih. Hehe...
    Jadi gimana dong?

    Kalau kakak nggak bisa di suruh cerita dadakan, aku kadang bisa cerita dadakan kalau lingkungan dan orang-orang di sekitarku mendukung juga. Tapi, cerita dadakan itu biasanya kalau aku abis mengalami sesuatu yang beda dan bikin pengen dishare aja sih.

    Tapi, apapun karakteristik kita, jadilah diri sendiri ya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk pokok senyamannya jadi diri sendiri mbk, karena jika kita pakai topeng pasti bakalan tak enak dan tak nyaman.
      Diam ataupun rame sah sah saja karena itulah yang membuat dunia makin berwarna

      Delete
    2. Iya Kak, yang penting nggak maksain diri, kasihan kalau maksain diri, pasti ke depannya malah jadi berantakan kan? Ya kan dan akhirnya bisa berakibat sakit.

      Yap, sah-sah saja asal tahu sikon juga ya Kak.
      Semangat jadi diri sendiri!

      Delete
  4. iay ada kalanya, sbeuah pertanyaan itu tak perlu dijawab, karena jika dijawab malah bikin ribut. ada kalanya kita diam, bukan tidak bisa jawab, tapi kalau tidak ada manfaatnya, buat apa.

    ReplyDelete
  5. Bener ya, benar dan salah itu udah 11 12, mirip banget😂
    Saya juga suka diam kalau teman cerita dan dia emang makin semangat ceritanya, sementara saya cuma ngangguk-ngangguk aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk dasar mereka yang gak sadar kita kerjain, bhahahaha

      Delete
  6. Jadi anak pendiem kalau terlalu pendiem tar malah diempoki orang lain istilahnya sih dibohongi terus?? Ya? Kalau saya pengennya sih jadi cewek yang suka berkomunikasi misalnya saat bertemu teman lama, sebisanya saya harus menggajak dia bicara dahulu baru dia itu yang selalu bunda saya sarankan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk begitu yaa..

      Pasalnya ini sudah terlanjur nyaman jadi orang pendiam, gimana dong?

      Kalau terkait dibohongin mah, saya cuma mendengarkan apa yang orang lain omongkan, selebihnya saya banyak gak percayanya, sudah terlalu hafal dengan yang namanya bohongan wkwkwkw


      Kadang saat saya sudah tahu orang yang mengajakku bicara itu ialah pembual alias pembohong, justru saya malah pura pura selairan sama dia, biar dia makin getol ceritanya. Wakakakkaka

      Delete
  7. Eh sama, gw juga pendiam. Tos !!

    Pas lagi merem tepatnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk meski lagi merem saya kok gk percaya ya kalau bisa diem.

      Yakin gak rame mendengkur? Secara, cowok kan identik dengan tidur mendengkur wkwkwkw

      Delete
  8. Setau saya si pendiam memiliki potensi luar biasa dalam mencurahkan pikiran & isi hatinya, biasanya pada jago-jago nulis & pidato.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk begitu kah?

      Kalau saya pribadi, segala hal yang saya dengar akan saya saring/filter untuk saya tulis jika memang hal tersebut penting dan berfaedah. Pun termasuk kalau apa yang saya dengar tersebut kontra, biasanya saya jarang membantah di dunia nyata, saya lebih suka membantah lewat dumay, kutulis di blog lengkap dengan opini opiniku.

      Kalau pidato, aslinya saya juga tak mahir mahir amat, cuma tuntutan profesi jadilah sedikit sedikit bisa

      Delete
  9. Lebih banyak diam memang bagus, apalagi jadi pendengar yang baik, daripada suka ngomong nanti malah jadi ngegosip. Tapi ada kalanya kita perlu bicara banyak, tergantung situasi dan kondisi sih.

    ReplyDelete
  10. Bener banget mba.. harus pinter buat membaca apakah berita tersebut hoax atau tidak.. Makanya kalau mau cari info, langsung tanya langsung ke orangnya lahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sips, wajib hukumnya untuk berhati hati dan waspada

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iya lama tak nulis maupun bewe, lagi stuck, mood hancur gara gara ketemu orang orang yang doyan nyinyir.

      Entahlah
      Mungkin nunggu mood baik, baru nulis dan bewe lagi.
      Takut kalau dipaksakan sekarang yang muncul komen negatif wkwkwk, bisa bisa hatersku nambah banyak

      Delete
  12. Menjadi pendengar tuh siksaan berat buat kami yang ekstrovert hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikan dari kami yang introvert, kalau disuruh cerita berasa mati kutu

      Delete
    2. Gimana yah klo pasangan dua2nya introvert. Diem2an dong hehehe

      Delete
    3. Kemungkinan perumpamaannya mirip kalau ada 2 pasangan ekstrovert. Tiap hari dan tiap waktu rame muluk. Hehehe

      Delete
  13. Ngomong alias cerita sama orang itu butuh energi, energi itu makan, makan itu nasi, nasi itu beras, dan beras itu perlu dibeli pake uang (atau barter sama telur puyuh), kalau ngomongin yang undafedah sama saja kita sedang buang2 nasi = uang. Orang memang terlahir dengan sifat yang berbeda - beda, ada yang pandai cerita dan ceritain orang lain, yah you know macam acara gosip kasus ikan asin, ajiig itu najis banget, tapi tetep gw tonton...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw wakakakkakak bhahaha ini kalau bikin perumpamaan kronologinya jauh banget yakk, tapi sumvah lucu bikin ngakak

      Btw, saya juga suka sekali acara gibah menggibah, meski sekali lagi saya yang bagian nyimak plus tukang keponya, wkwkkw


      Delete
  14. jadilah dirimu sendiri dan kau akan dikenal - socrates-

    ReplyDelete
  15. Aku penyendiri. Tapi paling cepat menyesuaikan diri dengan situasi

    ReplyDelete
  16. Paling enak jadi pendiem menurutku, imajinasi bisa menari seliar mungkin ketika berdiam diri

    ReplyDelete
  17. Yang penting isi blog nya jangan sampe jusul postingaya siam...isinya koaong gada tulisanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk lagi badmood nulis, blognya sudah penuh sarang laba laba ini

      Delete

Post a Comment

Mau baca yang ini gak?