Hold hand’s your friend

Jumat, 13 Pebruari 2015
Mungkin semuanya udah pada tahu kalau kodratnya manusia itu sebagai makhluk sosialis, yakni makhluk yang selalu membutuhkan bantuan orang lain. Nah dalam hal ini, perlu diperjelas, karena selain kita membutuhkan orang lain, bisa jadi orang lain juga membutuhkan bantuan kita. Oleh karenanya, kita diwajibkan untuk saling membantu. Jika kita hanya mau bantuan orang lain saja tanpa mau membantu orang lain berarti kita egois (or sebutan lainnya parasit). Pastinya kalian semua nggak pingin disebut-sebut sebagai parasit kan?

Dan sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwasanya Allah SWT itu Maha Baik sekali, karena jika kita membantu orang lain, maka kita akan diberi imbalan berupa pahala dan surga, tentunya dengan catatan membantunya harus ikhlas (niat sepenuh hati mencari ridho Illahi).
Nah sekarang tibalah kita, di pertanyaan selanjutnya, lalu membantu yang bagaimana kah yang harus kita lakukan? Yuhuuu, tentunya membantu dengan cara memberdayakannya bukan dengan memberinya langsung barang yang dibutuhkannya. Maksudnya gini, misalkan ketika ujian berlangsung ada temen kita yang nggak bisa mengerjakan, maka jangan serta merta membantunya dengan memberinya contekkan. Akan tetapi bantulah ia dengan membantu mengajarinya jauh-jauh hari sebelum ujian tiba, sehingga ketika ujian datang lagi ia bisa mengerjakan soal-soalnya secara mandiri. 

Membantu orang lain itu juga ada kaidahnya, yakni mulailah membantu orang-orang yang ada di sekitar kita. Memperhatikan saudara sekitar yang sekiranya membutuhkan bantuan. Jangan sampai kita sukses tapi orang-orang yang ada disekitar kita menderita. Conth riil yang bisa dilakukan ialah mulai membiasakan diri untuk belanja di pasar, yang biasanya penjualnya gak gk begitu kaya (maksudnya tidak sekaya pemilik supermarket-supermarket yang ada sekarang), dan kalau bisa diusahakan, membelinya gak usah di tawar, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi kita Muhammad SAW.

Comments