ammonium nitrat



Tema selanjutnya yaitu tentang ammonium nitrat,,,
Klo ini yang berbau tentang kimia banget ya,,, tapi jangan minder dulu … karna hari ini aku tidak akan mengajak diskusi tentang kimianya yang terlalu berlibet,,,, tapi untuk sekedar area kimia yang dalam medium masih bisa dipahami,,,
Ya amonium nitrat,,, terasa asing banget ya di telinga kalian … apalagi kalian yang tidak berasal dari basic ipa,, pasti langsung gak mood,,, tapi stop n tahan dulu mood anda
Dan bacalah tulisanku yang satu ini ,karena ini kutulis dengan spesial’
Ammonium nitrat dapat digunakan sebagai pupuk  yang kaya akan nitrogen.
Namun ammonium nitrat ini bersifat hiroskopis (bersifat bersifat menyerap air sehingga bisa menyebabkan padatan lengket yang mengeras jika kelembapan menurun)
Dan peristiwa ini pernah terjadi di suatu pabrik di Negara jerman pada tahun 1921, terdapat sekitar 4500 ton campuran ammonium nitrat yg mengeras,  karena kurangnya pengetahuan tentang kimia akhirnya untuk memecah padatan tersebut maka digunakanlah dinamit untuk meledakkanya. Dan sebagai akibatnya terjadilah ledakan yang sangat dahsyat yang mengakibatkan hancurnya seluruh bangunan pabrik pupuk tersebut.
Pada beberap tahun selanjutnya muncul sebuah inovasi yakni dengan memberi lapisan lilin pada ammonium nitrat sehingga sifat higroskopis pada ammonium nitrat dapat tercoveri dan tidak akan lagi mengeras,, namun ternya itu bukan menjadi solusi yang handal untuk memecahkan masalah ini,,, memang benar setelah terlapisi dengan llin ammonium nitrat tak lagi bersifat higroskopis tapi malah menimbulkan efek lain yang sangat tidak menguntungkan.
Lilin sebagai senyawa organic pada dasarnya dapat teroksidasi menjadi gas karbondioksida dan air. hadirnya senyawa organic ini pada pembakaran justru menghasilkan dekomposisi ammonium nitrat menjadi dinitrogen dan atom oksigen yang dapat mengoksidasi pelapis organic hingga butiran terlapis ini memiliki daya ledak yang lebih dahsyat ketimbang ketika diledakkan dinamit,, kecelakaan akibat ini pernah terjadi pada suatu kapal pengangkut ammonium nitrat berlapis lilin di texas city tahun 1947.
Sehingga bisa disimpulakan bahwa amonium nitrat bisa digunakan sebagai bahan peledak yang sangat potensial. Campuran antara ammonium nitrat dengan minyak tanah pernah digunakan sebagai peledak pada tragedy Oklahoma city tahun 1995.
 Keren kan materi kali ini….
hhhehhhehehhe
Semoga kalian senang dan tidak bosan :D

Comments

Mau baca yang ini gak?