Penting nggak sih sebuah managemen waktu itu?



Waktu adalah uang, ya begitulah sebagian orang mengatakannya. Karena memang derajat pentingnya waktu dan uang dalam menunjang kesejahteraan manusia begitu tinggi. Entah itu disadari atau tidak.
Kepandaian seseorang dalam memanage waktu dapat mempengaruhi tingkat kesuksesan seseorang. Meskipun pola pikir juga berpengaruh, tetapi setidaknya kepandaian mengatur waktu juga berpengaruh.
Dalam kehidupan kita, ada saja hal-hal yang mendesak, yang muncul secara tiba-tiba sehingga membuat rencana kita menjadi berantakan, seperti misalnya mendadak kita sakit atau mendadak dosen sakit sehingga waktu kuliah hari itu menjadi kosong. Apa yang harus di lakukan agar waktu tidak terbuang percuma dan sia-sia.
Apabila kita mempunyai niatan untuk memanage waktu yang baik maka mungkin pilihan yang bakal kita pilih yakni tiduran di kos, nonton film, atau kalau tidak begitu pergi jalan-jalan bareng teman. Padahal sebenarnya banyak sekali hal yang bisa kita lakukan bila ada waktu luang yang tentunya lebih bermanfaat ketimbang tiga contoh yang telah saya sebutkan di atas. Diantaranya yaitu belajar, mengerjakan tugas atau kalau tidak begitu pergi ke perpus untuk sekedar baca-baca buku.
Ada beberapa hal yang sedikit bisa saya tularkan kepada pembaca terkait memanage waktu agar waktu yang tidak produktif menjadi lebih bermanfaat.simak baik-baik ya..
1.      Evaluasi kembali tujuan, rencana, prioritas.
Tujuan jangka panjang yang diwujudkan secara bertahap melalui tujuan-tujuan jangka pendek harus di evaluasi, termasuk skala prioritas yang sudah ditetapkan . adapun manfaat dari kegiatan evaluasi ini yakni ,jka terjadi kesalahan entah itu besar atau kecil bisa langsung diperbaiki, sehingga tidak terjadi penumpukan kesalahan.
2.      Letakkan tujuan dalam rencana periodik atau program kerja
Tentukan tanggal-tanggal pelaksanaan masing-masing pekerjaan dan tugas mencakup waktu mula dan batas akhir pengerjaannya, sehingga mempermudah pencapaian tujuan. Disini diperlukan komitmen yang tinggi untuk tetap berpegang teguh terhadap apa yang telah disepakati dan ditulis. Karena semua akan menjadi percuma saja bila hanya tulisan tanpa ada niatan yang serius untuk menjalankan apa yang telah dituliskan. Seperti mimpi yang selamanya hanya akan menjadi mimpi bila tak ada usaha untuk meraih mimipi tersebut, tanpa ada usaha untuk merubah mimpi tersebut menjadi kenyataan.
3.      Buat daftar pekerjaan harian
Membuat daftar tabel kerja harian , tujuannya yaitu agar semua list atau prioritas kita tercantum semua tidak ada yng terlewat untuk kita kerjakan. Karena faktor lupa kapanpun bisa tiba-tiba masuk tanpa izin dalam prioritas kita.
4.      Tutup semua hal yang bisa memalingkanmu dari tujuan-tujuan yang telah kamu tulis.
Anda harus mampu mengatur waktu untuk menyelesaikan tugas anda pada waktu-waktu puncak, jangan ditunda-tunda. Dengan menunda-nunda anda akan mengacaukan pencapaian tujuanmu dan itu juga artinya anda sedang menyiapkan sebuah kegagalan. Rasa malas memang selalu mengusik , tapi ingatlah tujuan anda ketika malas itu datang menerpamu.
5.      Manfaatkanlah waktu luang
Sebaiknya anda selalu siap mengantisipasi terjadinya kehilangan waktu seperti mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Mengerjakan suatu kebaikan itu selalu tidak enak prosesnya tapi hasilnya bakalan manis.
6.      Jangan selalu pasrah pada hal-hal yanng bersifat mendesak.
Untuk mengantisipasinya, anda sebaiknya menganalisis apakah tugas itu mendesak atau tidak, penting atau tidak, genting atau tidak ,dan sebagainya.
Semoga apa yang saya tuliskan diatas bisa bermanfaat. Selamat menerapkan.
Satu hal lagi ,,,,
Bagi siapapun , melakukan managemen waktu secara bijak amatlah penting. Bila anda melewatkan janji penting dan terlambat datang untuk memenuhi janji tersebut maka tak ayal bila bakalan menganggu karir anda dan juga kehidupan sosial anda selanjutnya. Dan bias jadi orang lain akn mengecap kita sebagi orang yang tidak amanah terhadap waktu.
Buntutnya timbul rasa  bersalah, menyesal, frustasi, dan perasaan buruk lainnya.
Sedikit tambahan dari saya.
Strategi managemen waktu:
1.      Kenali waktu luang anda
2.      Buatlah prioritas
3.      Deadline jadikan kawan
4.      Selesaikan pekerjaan kecil
5.      Jangan paksakan pekerjaan sekali duduk

Kesuksesan itu hanya akan muncul setelah kita merasakan kepahitan  sebuah proses


Comments

Mau baca yang ini gak?