pengalamanku



(Music-musik yang mengalun dengan santai selalu berhasil menggugah minatku untuk menulis :D)
Hari ini aq akan berkisah tentang pengalaman yang kuperoleh ketika aq mengikuti baksos asrama di desa wono ayu kec . wajak kab. Malang , pengalaman yang sangat bermanfaat ketika aq mengikuti asrama mengajar menjadi relawan mengajar. Terlalu sulit untuk diungkapkan melalui sebuah rangkaian kata-kata… subhanallah sekali, mungkin satu hal yang harus aq akui ,memang sangat pantas apabila seorang guru disebut-sebut sebagai pahlawan tanpa  jasa, aq saja yang mengajar tidak sampai 3 jam rasanya sudah merasakan kelelahan tingkat tinggi dan juga mati kutu,, bukan karena apa-apa. bayangkan dengan menjadi guru kita seperti berprofesi sebagai pubik speaker. Public speaker disini harus penuh dengan niat ikhlas karena harus mampu menghibur n menarik perhatian murid selama berjam-jam dan dengan imbalan yang mungkin bisa dibilang tidak seimbang dengan besarnya pengorbanan yang mereka curahkan…semangat terus buat guru-guru Indonesia :D
Ok langsung saja ke point ceritaku saja….
Kemaren aq menjadi relawan mengajar untuk siswa didik kelas 6, SD di SDN 1 Wono Ayu. Mengajar kelas 6 itu rasanya special , karena kita disini benar-benar diuji untuk bersabar menghadapi kelakuan mereka yang aneh-aneh yang sudah tidak ada lucu-lucunya lagi (bertengkar dengan teman sekelas untuk masalah yang sangat gak jelas).
Mengajari mereka tentang mata pelajaran bunyi dan rangakian listrik. Sedikit mereview pelajaran SD karena mungkin klo aq tidak ikut kegiatan ini mungkin aq juga tidak akan menyempatkan waktuku untuk belajar kembali tentang mata pelajaran SD.
Ketika belajar tentang bunyi,, ternyata (adek-adek) murid sudah lupa, padahal pelajaran itu sudah diajarkan di waktu mereka kelas 4 dan seharusnya mereka juga sudah hafal karena dalam hitungan hari lagi mereka bakal bertarung dengan UNAS.
Review pelajaran yakni tentang pengertian sumber bunyi, pengertian bunyi , contoh-contoh dari sumber bunyi , macam-macam bunyi beserta contohnya , istilah-istilah dalam bunyi seperti amplitudo, frekuensi, periode, gema dan juga gaung. Sebenarnya belajar bareng adek-adek itu sangat mengasyikkan apabila mereka mau nurut dan memperhatikan ke kita, tapi sayangnya kesadaran anak SD untuk sebuah hal penting seperti ini sangatlah kurang.
Berlanjut ke mapel selanjutnya yakni rangkaian listrik, disini hanya beberapa point penting yang kami sampaikan karena memang untuk bahasan SD tidak terlalu mendetail. selain berupa penjelasan, adek-adek juga diajak untuk praktek bagimana membuat rangkaian seri dan pararel. Pada saat mapel ini berlangsung  aq mendapati wajah-wajah penuh kekaguman dari adek-adek ketika diajak praktek rangkaian listrik..hhahahha
Di ending  kegiatan belajar diadakan Tanya jawab agar adek-adek bisa benar-benar hafal tentang bab ini karena bab ini berpotensial besar untuk keluar ketika ujian.
Satu hal lagi ketika kami belum berpisah dengan adek-adek, kami meminta kenangan dari adek-adek dengan menuliskan sesuatu, barang sepatah atau dua patah untuk kita,,,

Pada saat pulang sekolah , ku ingatkan pada adek-adek tercinta
“adek-adek jangan lupa belajar buat UNAS. Fighting :D”
Tiba-tiba ada kakak sukarelawan mengajar di lain kelas berkata seperti ini
“ untuk kakak juga jangan lupa belajar buat UAS, semangat :D”
Jadi pingen ketawa sendiri,,,,hhhehhhe
mengingatkanku klo aq sendiri juga bakal berperang untuk UAS
:D
#terimakasih buat adek-adek SDN 1 Wono Ayu udah mau belajar bareng kakak
   “semoga ilmunya bermanfaat”
   

Comments

Mau baca yang ini gak?