Sejuta Acungan Jempol Untuk Inovasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Universitas Terbuka


Salah satu perguruan tinggi negeri yang keberadaannya sudah akrab sekali di tengah-tengah masyarakat Indonesia yaitu Universitas Terbuka. Sebagaimana perguruan tinggi negeri pada umumnya, para mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Terbuka juga akan diajari dan dibimbing untuk memahami materi kuliah. Namun, perlu diketahui oleh para khalayak umum bahwa Universitas Terbuka memiliki sistem pembelajaran yang cukup unik dan berbeda dengan perguruan tinggi negeri lainnya. Hal ini disebabkan adanya inovasi pada sistem pembelajaran yang diterapkan di Universitas Terbuka yakni sistem pembelajaran jarak jauh. Mau tahu lebih detail kayak apa sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di Universitas Terbuka itu? Yuk, simak baik-baik uraian berikut!  
Mungkin kalian semua telah mengetahui tentang sebuah pepatah yang mengatakan carilah ilmu dari buaian ibu hingga ke liang kubur, sehingga jika ditarik makna filosofinya maka dalam proses pencarian ilmu tidaklah terbatas oleh umur. Siapapun dengan umur berapapun memiliki hak yang sama untuk menuntut ilmu. Namun, hal ini tidak berlaku di sebagian besar perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia, rata-rata mereka memberikan batasan umur bagi calon mahasiswanya yang ingin belajar dalam perguruan tinggi tersebut. Sehingga secara tidak langsung hal ini bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan hak seseorang untuk menuntut ilmu. 
Nah, disinilah letak kelebihan Universitas Terbuka dibandingkan perguruan tinggi negeri lainnya, adanya inovasi sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan Universitas Terbuka sehingga para calon mahasiswa dengan umur berapapun bisa belajar di Universitas Terbuka.  
Selain itu, letak perguruan tinggi yang biasanya hanya terpusat di daerah perkotaan atau kota-kota besar saja, sehingga membuat para mahasiswanya (yang berasal dari desa) harus pergi merantau ke kota dan terpisah dari keluarganya untuk bisa menuntut ilmu. Namun, dengan inovasi sistem pembelajaran jaraka jauh yang diterapkan di Universitas Terbuka, seseorang yang bertempat tinggal di dearah yang cukup terpelosok, jauh dari kota dan tidak mau merantau ke kota namun ingin kuliah, ia tetap bisa merasakan pendidikan karena  Universitas Terbuka tidak hanya berlokasi di kota-kota besar saja tapi juga tersebar di daerah yang lumayan pelosok, misalnya di kabupaten-kabupaten yang ada di Papua.


Dengan inovasi sistem pembelajaran jarak jauh, Universitas Terbuka memberikan kemudahan bagi para mahasiswanya untuk bisa belajar kapan pun dan dimanapun. Tak seperti pada perguruan tinggi negeri pada umumnya yang mengatur jadwal kuliah yang ketat dan padat bagi mahasiswanya, di Universitas Terbuka mahasiswa diberi keleluasaan.
Apabila ada mahasiswa tidak bisa mengikuti mata kuliah tertentu maka ia bisa belajar sendiri dengan berbagi cara yang telah disetting secara khusus oleh Universitas Terbuka yakni:


·         Mahasiswa bisa belajar dari media online, seperti melalui situs you tube ataupun dengan menyimak siaran televisi. Siaran televisi yang dimaksud yaitu TVRI. Universitas Terbuka telah menjalin kerja sama dengan institusi terkait untuk menyiarkan materi kuliah di media tersebut. Sehingga jika ada mahasiswa yang berhalangan atau tidak sempat mengikuti mata kuliah pada jam tertentu bisa mengunduhnya materinya dalam bentuk video di situs tou tube kapanpun dan dimanapun asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. 

·             


 

       Belajar sendiri dengan menggunakan buku yang telah disediakan oleh pihak universitas. Buku ini telah didesain secara khusus sehingga bisa memudahkan para mahasiswanya untuk memahami materi kuliah meski tanpa bantuan dari tutor atau dosen. Tidak hanya itu, materi kuliah ini juga dikemas dalam bentuk kaset dan juga CD Room sehingga mahasiswa yang malas membaca buku tetap bisa belajar dengan mendengarkan audio dari kaset yang diputar ataupun dengan menyaksikan video yang diputar

.

·   Nah, bagi mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami materi kuliah meski telah menggunakan berbagai cara yang diuraikan diatas, tidaklah perlu khawatir atau bersedih hati karena Universitas Terbuka selalu peduli terhadap mahasiswanya. Universitas Terbuka secara spesial akan menyediakan  tutor untuk membantu dan membimbing mahasiswanya yang kesulitan dalam belajar.

Oleh karenanya, atas inovasi sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkannya inilah Universitas Terbuka pantas mendapat sejuta acungan jempol.

 “Tulisan ini dibuat untuk diikutan lomba blog dari Universitas Dibuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-30. Tulisan adalah karya kami sendiri & bukan merupakan jiplakan.“
http://www.ut.ac.id/

Comments

Mau baca yang ini gak?