menyampuli buku



Teman, buku kalian dah bersampul atau belum?
Buku yang disampul memiliki 2 manfaat yaitu
1.      Buku menjadi awet, karena tidak gampang rusak .
2.      Buku akan terlihat rapi
Kecerobohan yang pada umumnya sering dilakukan oleh para teman adalah membaca ataupun mengerjakan PR sambil  makan makanan ringan atau istilah kerennya anak muda zaman sekarang, nge-mil. Ketika sedang asyik belajar sambil nge-mil maka kemungkinan besar buku yang sedang digunakan belajar untuk terkena percikan makanan. Akan tetapi, apa jadinya jika yang dikonsumsi adalah makanan berminyak? maka hal itu akan membekas pada buku dan buku tidak terlihat cantik lagi seperti awalnya. Oleh karenanya, diperlukan sampul buku unuk melindungi buku dari hal-hal yang menyebabkan buku menjadi jelek dan cepat rusak.
Teman, berbicara tentang sampu buku ada dua macam yakni sampul buku yang terbuat dari kertas dan sampul buku yang terbuat dari palstik. Baik sampul kertas maupun sampul plastik semuanya memiliki kelebihan dan juga kelemahan.
Kalau sampul kertas kelebihannya karena gambar yang ada di depan sampul tidak menarik maka, teman, akan langsung terfokus pada materi pelajaran tanpa perlu memandangi sampulnya ketika akan membuka buku, tetapi kelemahannya ketika terkena noda berupa minyak maka akan berbekas dan jelek.
Sementara sampul plastik lebih awet ketimbang dengan sampul kertas karena tidak gampang rusak dan ketika terkena tumpahan makanan maka akan tetap terlindungi. tapi kelemahannya jika bukunya yang disampul gambarnya menarik maka ada kemungkinan kalian terpaku pada gambar yang ada di sampul buku kalian, ya nggak?
Tapi apapun pilihanmu itu, teman, pilihlah sampul yang bisa menarik minat kalian untuk belajar, ok!

Comments

Mau baca yang ini gak?