Marah seperlunya

Ceritanya tadi pagi selesai mengajar, sewaktu mau pulang, di depan kantor guru, ada berderet deret muridku yang berdiri sambil dimarahin sama wakasis, gara gara pakai kaos pramuka, bukan seragam pramuka.

Btw ini anak anak yang mana saya yang jadi walikelasnya. Meski ada beberapa anak dari kelas lain, namun yang mendominasi ialah anak anak dari kelasku.

Karena saya butuh pulang cepat (ada pekerjaan desa yang musti kuurus dan kuselesaikan secepatnya) jadilah saya hanya lewat didepan dereran anak anak yang sedang dimarahi wakasis tersebut,  tanpa komentar apapun.

Dan tiba tiba wakasisnya, manggil saya
"Itu bu, anak anaknya sampeyan pada gak disiplin. Seragamnya malah ganti kaos semua."

Saya jawab "Nggeh bu."
Wakasisnya bilang, "Nggak mau marahin ke mereka?"

Asli saya jadi bingung, ya kalik anak anak sudah dimarahin wakasis, masak saya perlu ikutan marah marah juga. Secara saya ibuknya, gak bakalan dong marah ditempat umum gitu, wkwkwk

Tapi demi menghormati beliau yang sudah terlanjur bertanya dengan nada seperti itu, sedikit mengintimidasi saya agar saya ikutan memarahin anak anak saya, baiklah,  saya angkat suara.

"Besok jangan diulangi lagi ya, pakai seragam yang bener!"

Terus saya lanjut jalan
Ehh wakasisnya bilang
"Udah gitu doang bu?"

Asli saya gemes, ini orang mintanya apaan sih? ngajak gelut?
Kalau mau marah, ya sana marah marah sendiri. Saya lagi gak mood marah, ada banyak tugas yang musti saya selesaikan secepatnya.

Lagian anak anak juga sudah gedhe, kalau dibilangin baik baik sudah nurut kenapa harus dimarah marahin kayak gitu. Kayak gak pernah muda dan jadi murid saja.

Saya bilang, "Iya bu sampun."
Tanpa pamit lebih lanjut, saya langsung jalan.

Asli saya gak pingin dipanggil panggil lagi buat marah marah.
Save the energy, tahukk!!

==
Iya, semakin kesini saya merasa semakin dewasa. Sekiranya orang orang disekitar saya sudah bisa diomongi baik baik dan nurut, ya sudahlah gak perlu nge-gas, apalagi marah marah. Baru deh kalau mereka diomongin baik baik tapi nyolot dan bantah, itu yang perlu dimakan mentah mentah.
Wkwkw

Intinya marah marah pun seperlunya saja!
Jangan kebanyakan, skinker mahal cuyy!

Comments

  1. Jangan marah -marah aie, cepet tua lho? jujur kadang aku juga sering ingin mahu marah ke si kecil pas si kecil lagi Pubs. Duh aie? Padahal mah aku geli banget lihat pubs tapi mahu bagaimana lagi terpaksa aie soalnya kedua teman kerjaku sudah berumur 55 tahun sehingga ngurus pubs si kecil atau gendong si kecil udah gak kuat, jadinya terpaksa harus aku lagi dan lagi aie?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapp mbk,

      btw semangat juga buat mbk titi insyaallah itu bisa bernilai ibadah jika mbk bisa ikhlas, semangat semangat :D

      Delete
  2. Hahahaha, semangaaatt.
    Ih rugi tauk marah-marah, keren banget bisa lebih bijak menghindari marah-marah.
    Cuek is da best emang da best banget hahaha.

    Mending senyum aja terus, biar makin cantik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps betul mbk,

      efek sudah kebanyakan marah kalau di kantor jadi kalau di sekolah selow
      selama murid mau dan nurut diatur ya sudah gak perlu marah marah lagi

      Delete
  3. betul, capek juga sih marah marah hehe. dibawa santai saja

    ReplyDelete
  4. Ternyata marah pakai "mood marah" pantesan sy jarang marah dan jarang tertawa... 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mah kalau saya bang,

      Ehh bergantung orangnya masing masing ding

      Soalnya kalau saya amat sangat bergantung pada mood

      Delete
    2. Benar juga, saya gak bergantung pada mood. Sangat pandai menyembunyikan perasaan. Atau tidak peka ya...apalah namanya soalnya setiap hari cuma hadapi mesin mesin rumit...wkkk

      Delete
    3. wkwkwk saya jadi keingat cerita tentang seorang it yang pindah kerja jadi cs.

      Kalau it lagi badmood bisa nendang nendang ataupun ngebanting komputernya

      Tapi ketika dia dikerjaan barunya pas dia lagi marah dan badmood dia gak bisa ngelakuin itu lagi.

      Hehe
      Saya jadi berkesimpulan
      Enakan kerja jadi it alias programer yakk, bisa marah sepuasnya tanpa takut dibales Wkwkk

      Delete
  5. Aku jadi salah satu muridnya langsung bengong dan nggak bakal ngulangi lagi karena percuma, niatnya cari perhatian, eh malah dicuekin aja sama wali kelas.
    Hehe...

    ReplyDelete
  6. Selow banget mbak jadi bu guru, wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil berguru dari mas riza ini mah, jadinya saya bisa se selow itu. Wkwk

      Delete

Post a Comment

Mau baca yang ini gak?