Tips biar tidak mati ide dan rajin menulis

By Pixabay

Semacam membentuk korelasi
Kalau blogger, setidaknya harus punya tiga macam sosmed lainnya disamping blog itu sendiri, yakni twitter, ig, dan facebook

Untuk apa?
Biar gak kehabisan bahan untuk nulis wkwkwkwk.

Meski kalau saya pribadi bukan tipikal orang orang kehabisan ide sih, yang ada dan yang sering ialah kehabisan waktu goodmood untuk menulis. Karena ketika goodmood itu ada, bukannya cepet cepet ambil catatan ataupun laptop justru kupakai tidur, wakakkakak, dan setelah bangun tidur idenya hilang bersamaan dengan hilangnya uapan ngantuk, dasar aku!

Ada yang senasib kayak aku kah?
Kalau iya, ini kubagi tips, caranya rajin menulis di blog.

1. Ketika ada ide cepat cepatlah ambil catatan entah itu hape, laptop, ataupun notebook.

2. Tulislah semua yang ada di otak tanpa perlu bingung dan mencemaskan kosa kata, diksi, typo, eyd, kbbi dan sebagainya.

3. Editlah draft tulisanmu tadi ketika goodmood mu datang menjamah. Perbaiki menurut penulisan kaidah bahasa indonesia  yang baik dan benar.

4. Beri judul yang bikin orang lain kepo terhadap isi tulisanmu.

5. Posting tulisanmu di blog ataupun di media sosial yang kamu miliki dan imbuhi dengan gambar yang menarik nan mendukung isi dari tulisanmu agar pembaca tertarik untuk membaca.

Meski dan walau tips di atas belum sepenuhnya bisa kulakukan sebagai penulis (hahaha dasar penulis hoax) tapi saya yakin kalau kalian mau menurut pada saran saya di atas kalian bakal rajin menulis dan tulisan kalian bakal bagus bin keren. Percaya deh! 😊


Comments

  1. Saya niatnya juga gitu, Mbak, penginnya bisa braindump semua ide-ide yang saya punya tanpa khawatir soal diksi, ejaan, punctuation, dsb. Eh, tapi, mungkin karena bawaannya saya (sok) perfeksionis aja, ya, jadinya males aja kalau bikin draft yang nggak sekalian nulis bener! 😂 Tapi tips-nya boleh dicoba nih... semoga ke depannya saya bisa ngurangin tendensi menunda-nunda menulis buat blog saya tanpa terhambat perfeksionisme yang nggak jelas itu! 💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul, semoga bisa istiqomah nulisnya, semangat!

      Delete
  2. Lumayan nyegerin buat saya yang lagi mau aktif ngeblog lagi hehehe. Tips ini bisa buat mengingat saya. Nyatet ide terutama hehehe

    ReplyDelete

  3. Benar juga sih tips diatas terkadang saya juga suka kehabisan ide dalam menulis, Baik dari pemberian judul atau ide cerita..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga setelah baca tips di atas makin lancar nulis dan juga ngeblognya :D

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Saya kalau kehabisan ide langsung tancap gas pergi keluar rumah. Mengamati kucing, anjing, kera, burung dll he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah keren sudah punya solusi terjitunya sendiri.

      Delete
  6. Kalo aku tidak punya Twitter ataupun IG, hanya punya FB aja, agar fokus menulis. Kalo soal kehabisan ide kadang juga mengalami, kecuali yang blog sinopsis film, soalnya banyak film yang beredar.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kadang kebanyakan sosmed juga menjadi kendala kalau kitanya terlanjur asyik scroll sampe lupa nulis wkwkkw.

      Stok buat review film aman terus ya bang selama bioskop masih buka, hehe

      Delete
  7. Ide menulis itu memang suka datang di saat yang kurang tepat. Pas nggak bisa nulis eh malah dateng...giliran udah ready semua, malah ngilang entah kenapa.

    Menurut saya, ide menulis ada banyak cara mendapatkannya. Bisa menggunakan tanggal-tanggal penting, pengalaman pribadi, inspirasi saat baca buku atau film.

    Saya pernah membagikan ide-ide postingan ala Pro Blogger di blog saya. Mungkin kalau sempat bisa mampir, kalau nggak sempat ya disempatin.

    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mau baca yang ini gak?