Tempat buka puasa terfavorit????



Dimana lagi kalau bukan di rumah. Iya, mungkin sedikit aneh kedengarannya jika saya menulis tempat buka puasa terfavorit bukannya diluar, di tempat makan yang mewah, tetapi malahan di rumah.

Tapi apalah daya, itu tulisan terjujur versi aku.
BTW, saya punya banyak alasan kenapa saya memilih rumah sebagai tempat terfavorit untuk buka puasa. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

Yang pertama ialah bisa makan masakan mami. Yes, saya pernah merasakan jadi anak rantau, yang mana sekedar bisa mencicipi masakan mami, itu harus menahan rindu. Padahal kalian tahu sendiri yakk kalau rindu itu berat, buktinya Dilan saja sampai ngomong begitu. Makanya sekarang saya bersyukur banget kalau bisa buka puasa di rumah, makan masakan mami.

Kedua, masakan mami itu pasti terjamin higienis (kebersihannya) dan juga pasti menyehatkan. Ya iyalah secara mami mana yang tak sayang anaknya, makanya beliau pasti bakal masak makanan yang enak enak dan menyehatkan.

Ketiga murah, atau mungkin gratis kali ya sebutan paling cocoknya. Secara kita gak perlu keluarin uang sepeserpun untuk makan masakan mami. Beda kalau mau buka puasa diluar, pasti harus bayar. Sudah bayar mahal, terkadang rame banget antriannya. Kalau tidak booking jauh-jauh hari, gak bakal dapat tempat. Ohiya, sebenarnya ada lagi tempat gratis untuk buka puasa, tanpa kusebutkan kalian pasti sudah tahu, ahaha dimana lagi kalau bukan di masjid, tempat dimana surganya takjil berada, wkwkkw.

Keempat buka puasa di rumah itu termasuk tindakan efektif dan efesien. Buka di rumah juga bisa menjadi upaya efektif penghematan sumber daya alam yang ada (minyak bumi). Lahhh sok saintis banget yang ini! Karena gak perlu keluar bensin, mengingat makanannya sudah tersaji di meja makan, bener kan? Kalau makan di luar kan setidaknya harus naik motor dan keluar bensin. Meski sebenarnya bisa sih ditempuh dengan naik sepeda kalau tak mau keluar bensin dan jaraknya dekat. 

Tapi siapa juga yaa yang mau sepedahan untuk buka puasa? Bisa-bisa pingsan di jalan, efek kelaparan akut.

Kelima, yang tak kalah pentingnya, bisa sholat magrib tepat waktu. Yang ini manfaatnya sama/setara kalau ikutan buka puasa di masjid. Pokok, kalau buka puasanya selain di rumah dan di masjid, ada kecenderungan sholat magribnya bakalan molor, belum lagi kalau pas ngumpul bareng teman bakalan molor lebih luama.

Pasalnya saya pernah bukber di luar bareng teman, selesai makan kami kebingungan nyari tempat sholatnya, efek jauh dari masjid, sudah gitu mau ijin sholat duluan juga sungkan, takut dikira sok alim. Alhasil nunggu mereka sepakat sholat bareng dan sholatnya itu udah mepet banget dengan isya. Astagfirullah.

Demikianlah alasan saya memilih rumah sebagai tempat terfavorit untuk buka puasa, BTW kalau naners tempat favoritnya dimana?


Hari Kedua BPN, 07 Mei 2019

Comments

Mau baca yang ini gak?